Sunday, March 01, 2009

Pendedaran Gurame

Buat sobat blogger yang punya hobby perikanan ada info baru lagi neh, salah satu usaha perikanan yang menggunakan modal lebih irit namun prospeknya sangat lumayan dan ini berguna buat pecinta budidaya perikanan air tawar. Yang sudah saya telusuri informasinya dari daerah Sukabumi ini adalah usaha pendedaran Ikan gurame.

Yang pertama sobat perlukan cuma sebuah akuarium dengan ukuran 100 cm x 50 cm dimana akuarium tersebut mampu menampung sekitar 5000 butir telur gurame, kemudian aerator pembuat gelembung udara, lalu water haeter sebagai penghangat air dalam akuarium dan sebuah bak pendedaran dengan ukuran relatif sesuai kebutuhan.

untuk memperoleh bibit sebanyak 5000 butir telur gurame sobat semua hanya memerlukan dana sebesar Rp 250.000, jadi satu butir telur di beri harga Rp 50 . Apabila berhasil menetas, selama 5 hari benih gurame tersebut masih mengkonsumsi kuning telur yang masih menempel di tubuhnya selanjutnya setelah umur mencapai 6 hari keatas diperlukan makanan tambahan berupa kuning telur rebus yang telah di hancurkan atau dengan memberikan cacing sutra.

Setelah menetes dan larva mencapai umur 2 minggu selanjutnya benih di pindahkan kedalam bak pendedaran, usahakan suhu dalam kolam pendedaran sama dengan suhu air dalam akuarium agar benih yang di pindahkan tidak stres dan mengakibatkan kematian pada benih.

Dalam kurun waktu usia benih mencapai 3 minggu biasanya benih dapat mencapai ukuran 2 - 3 cm itu artinya ikan sudah siap di jual kepada patani budidaya, dengan kisaran harga Rp 300/ekor untuk wilayah Jawa Barat. Hampir kebutuhan akan bibit gurame untuk wilayah Jawa barat belum semuanya terpenuhi.

Oke sobat semua selamat mencoba dan sukses.....

5 comments:

  1. waah Nice info sob.. thanks uda mau berbagi ilmu.. Pertamaxxx

    ReplyDelete
  2. Pengin sih pendederan, tapi telurnya dapat dari mana??
    klo aku masih pembesaran lele dan nila yang pasarnya sudah jelas ada. klo gurame sebetulnya lebih bagus tapi katanya pembesarannya lama.

    ReplyDelete
  3. Iya, sy sdh lama merencanakan hampir sama spt itu. Kalau boleh tahu dimana kita dapat telornya? Tks berat

    ReplyDelete
  4. makasih infonya ya....punya kolam lele tapi belum memuaskan...

    ReplyDelete