Thursday, February 05, 2009

Potensi Besar

Potensi besar di bidang kelautan dan perikanan yang dimiliki daerahku, merupakan salah satu sumberdaya alam yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini dapat dilhat dari banyaknya areal di daerahku yang dumanfaatkan sebagai lahan tambak untuk budidaya udang dan bandeng, berbagai macam jenis ikan yang dapat diperoleh para nelayan seperti ikan jenis kakap merah, ikan putih, ikan merah, bawal putih, kegiatan budidaya rumut laut dan lain sebagainya yang sangat mudah di dapat oleh nelayan. Namun sampai saat ini upaya untuk mengoptimalkan potensi yang ada dirasakan masih sangat kurang.


Penyebabnya antara lain adalah kurangnya bantuan berupa modal yang di berikan kepada nelayan, harga pasar yang berubah akibat krisis keuangan global, kuranganya inisiatif nelayan sendiri untuk menciptakan peluang usaha baru yang berkaitan dengan bidang kelautan dan perikanan, iklim dan cuaca yang saat ini agak susah di prediksi.

Salah satu contoh sekarang banyak lahan tambak yang tidak di operasional lagi oleh pemiliknya karena kita tahu harga udang di pasaran luar negeri menurun dan mengalami perubahan ukuran udang untuk kosumsi serta berubahnya permintaan jenis ikan konsumsi kepada jenis ikan yang harganya lebih murah.

Melihat hal tersebut diatas saya mencoba satu upaya alihfungsi tambak dari yang biasanya digunakan untuk budidaya udang maupun bandeng saya gunakan untuk budidaya kepiting soka, hal ini saya lakukan dengan alasan pertama niat awal saya sejak makan makanan aneh yang baru saya makan, pasar kepiting yang tidak terpengaruh oleh krisis keuangan global, masih sedikitnya petambak yang membudidayakan kepiting soka.

Dengan penuh perjuangan, pengorbanan waktu, materi, ide, gagasan serta saran masukan kawan - kawan dekat selama kurang lebih 5 bulan akhirnya tercapainya keinginan untuk membudidayakan kepiting soka, berbekal karamba yang dibuat secara tradisional saya bisa menebar bibit sebanyak 16.000 ekor ukuran 9 - 10 dengan tenggang waktu 15 hari sudah bisa diambil hasilnya.

Saat ini sudah ada beberapa orang yang memiliki keinginan untuk membudidayakan kepiting soka namun tidak memiliki maupun mampu untuk menyewa areal tambak, ini juga merupakan salah satu kendala yang dihadapi.

Dengan niat tulus membatu dan menghargai orang yang memiliki keinginan berusaha untuk meningkatkan kesejahteraannya. Saya ajak mereka untuk memanfaatkan lahan tambak saya untuk digunakan oleh mereka, kebetulan lahannya cukup luas dan diperkirakan dapat di gunakan untuk menebar bibit sampai 100.000 ekor lebih.

Semoga Allah SWT selalu memberikan ridho, petunjuk dan hidayahnya serta selalu dalam lindungan Nya dalam menjalankan usaha ini.

No comments:

Post a Comment