Tuesday, March 10, 2009

Mari membuat Kompos

Salah satu terget Pemerintah Kota Tarakan adalah menciptakan Tarakan bebas dari sampah, beberapa kegiatan yang sekarang ini gencar di lakukan berupa kegiatan lomba kebersihan tingkat RT yang di adakan di setiap kelurahan yang ada di Tarakan selain itu adalah sosialisasi pembuatan kompos skala rumah tangga yang di adakan di setiap RT maupun di barbagai lapisan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi yang merambah langsung pada berbagai lapisan masyarakat merupakan kegiatan yang efektif guna menekan jumlah sampah yang di hasilkan dari setiap rumah tangga. Rumah Tangga merupakan suatu organisasi yang paling dasar dimana bagian vital elemen organisasi pemerintahan, apabila elemen tersebut dapat menciptakan upaya menekan jumlah sampah yang di hasilkan maka pada tingkat elemen organisasi selanjutnya dapat akan mengukuti juga.

beberapa waktu yang lalu Pemerintah Jepang melakukan kunjungan ke Tarakan untuk melakukan survey mengenai sampah dan membantu menciptakan teknologi pengolahan sampah yang efektif, hasilnya adalah bentuan ilmu bagaimana cara membuat kompos yang dapat dilakukan oleh skala rumah tangga. Berikut ini adalah Panduan teknis pembuatan kompos skala rumah tangga dengan menggunakan keranjang takakura hasil dari sosialisasi yang diberikan oleh DKPP Kota Tarakan.

A. Peralatan & Bahan yg diperlukan dalam perakitan keranjang takakura :

1. Keranjang apapun yang mempunyai tutup dan sirkulasi udara yang baik 1 buah.
2. Karung beras bekas, yang digunakan untuk melapisi sisi dalam bagian keranjang 1 buah.
3. Bantalan yang terbuat dari kasa nyamuk dan berisi sekam/sabut kelapa kering 2 buah.
4. kain untuk pelapis bagian tutup keranjang.
5. Cetok pengaduk.
6. Bakteri Starter (NM)

B. Cara penyiapan & penggunaan keranjang takakura :

1. Persiapan :

- lapisi seluruh bagian dalam dinding keranjang dengan karung beras bekas dan jahit sisi bagian atas agar karung tidak bergeser.
- Letakan 1 buah bantalan sekam di bagian dasar keranjang yang sudah dilapisi dengan karung tersebut.
- Lalu masukan bakteri starter yang sudah dibuat, hingga minimal 1/2 dari volume keranjang yang akan digunakan.

2. Penggunaan :

- Masukan sampah organik yang sudah dicacah dan aduk agar tercamput merata dengan bakteri starter yang ada dalam keranjang.
- Letakan 1 buah bantalan sekam/sabut kelapa yang sudah di siapkan di bagian atas.
- Dan tutup dengan penutup keranjang yang sudah dilapisi dengan kain.
- Ulangi kegiatan tersebut di atas setiap memasukan sampah organik untuk di kompos.

3. Penggunaan kompos yang telah jadi :

- Setelah keranjang penuh, tutup dan diamkan selama 2 minggu.
- Kemudian di ayak untuk memisahkan antara kompos yang halus dengan yang kasar.
- kompos yang sudah halus jangan langsung digunakan, angin-anginkan terlebuh dulu selama 4 hari, setelah itu baru bisa digunakan.
- Untuk kompos yang masih kasar dilakukan kegiatan pengolahan dari awal hingga benar benar menjadi kompos yang halus.

Demikian cara membuat kompos skala rumah tangga semoga bermanfaat bagi kita semua.

8 comments:

  1. Mas ini emang kreatip abis dah..oya satu minggu kemana aja bro??hehe..padahal aku juga baru OL xixixixi...Kalo mau shoutmix koment dimana bro??tengkyu

    ReplyDelete
  2. Hallo, salam kenal, tukeran link yah, sudah gw add di blog gw. Add juga ya sob :)

    http://ebook-gratis-an.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. wah ini si bapak tentara, kepedulian terhadap lingkungannya sungguh luar biasa...

    ReplyDelete
  4. Halow sobat... :) bagaimana kabarnya nih ...http://liat-liat-aku.blogspot.com/2009/06/netbook-advan-a1n70t-alnect-komputer.html Ayo ikut Konte berhadiah Netbook... :)

    ReplyDelete
  5. nice info... salam kenal dan kunjungan perdana mas. bisa tukeran link neh. he3..

    http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/jembatan-sura-madu-terbesar-se-asia.html

    ReplyDelete
  6. bagus infonya..salam kenal aja

    ReplyDelete