Thursday, February 19, 2009

Jepang berbagi dengan Tarakan

Dalam dialog bersama Walikota dengan pejuang kebersihan di Tarakan sempat ditanyakan mengapa warga setiap bulannya harus membayar sampah sebesar Rp 2.000 padahal pemerintah meminta warga mengolah sampah sendiri. Hal itu ditanggapi oleh walikota Tarakan bahwa iuran sampah yang dimanfaatkan juga untuk pengelolaan sampah itu tidak sebanding dengan yang di terapkan di Jepang. Tetsuya Ishida mengatakan, di Kitakyushu warganya membayar sebesar Rp 5.000 untuk satu plastik ukuran besar yang digunakan untuk sampah mereka selain yang diolah.

Ishida bebagi pengalaman kepada masyarakat Tarakan, di Kitakyushu 40 tahun yang lalu terlihat sangat kumuh namun perjuangan warganya dalam mengurangi sampah dan dengan mengolahnya membuat Kitakyushu menjadi kota yang bersih, dengan berusaha menciptakan kondisi lingkungan dengan emisi nol dan memanfaatkan limbah industri.

Kehadiran Ishida di Tarakan dalam rangka melakukan survey melihat kondisi sampah di Tarakan, berdasarkan survey itu JICA (Japan International Coorporation Agency) pemerintah Jepang berpikir tentang bantuan yang akan diberikan untuk Tarakan dalam hal pengolahan sampah atau mengurangi sampah.

Bentuk kerjasama tersebut dengan membuatkan konsep dan teknologi bagaimana cara pengolahan sampah sementara masalah keuangan akan bekerjasama dengan pemerintah. Separuh sampah domestik sudah dijadikan kompos oleh warga Tarakan sejak tahun 2006 kemudian langkah yang di ambil adalah bagaimana cara pembuatan kompos dengan efisien melalui teknologi yang ada

Namun hal yang paling penting adalah peran Pemerintah Kota dan masyarakat Tarakan sendiri dalam menciptakan kondisi lingkungan yang diharapkan demi terciptanya Tarakan bebas sampah .

4 comments:

  1. hhmm...
    di bogor sampahnya bejibun...
    tapi mudah2an sampah masyarakatnya ga ada... ^__^

    ReplyDelete
  2. wow...sukses ya utk tarakan....
    semoga ditiru oleh kota yg lain...

    ReplyDelete
  3. Sukses ya buat Tarakan... salam merdeka!

    ReplyDelete