Wednesday, February 18, 2009

Tahap Kelima

Selama proses menunggu masa panen kepiting yaitu sekitar 15 - 20 hari ada baiknya kita menjaga kondisi kepiting tetap terjaga hingga pada saat ganti kulit tiba. Pemberian pakan selama 2 hari sekali sangat penting untuk dilaksanakan. Menjaga kondisi air tetap stabil dengan sering melakukan proses keluar - masuknya air. Hal penting yang harus kita perhatikan adalah menjaga kepiting agar tidak terlalu banyak di selimuti oleh lumut yang diakibatkan dari zat organik yang terkandung dalam air.


Lumut yang menutupi bagian badan dari kepiting dapat menghambat proses pergantian kulit yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kematian kepada bibit kepiting tersebut karena sifat dasar lumut yang mengikat. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut kita dapat mengambil langkah dengan mengikutsertakan hewan yang digunakan sebagai bio-katalisator disini , yaitu dengan mengikutsertakan ikan bandeng.

Bandeng merupakan hewan pemakan tumbuhan(herbivora) yang sangat bermanfaat dalam membatu menghilangkan lumut yang terdapat pada kepiting sehingga tingkat kematian bibit kepiting akibat lumut yang menempel dapat diperkecil. Selain kita budidaya kepiting soka juga dapat memperoleh hasil dari ikan bandeng yang kita tanam ya.....sambil bertambak kepiting soka ikan bandengpun kita peroleh.Kebutuhan bandeng sebagai bio-katalisator kita sesuaikan juga dengan luas tambak yang kita gunakan.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan petambak maupun rekan pembaca semuanya, selanjutnya kita tunggu saat panen tiba.....

2 comments:

  1. owhh budi daya kepiting ya carly..
    wah berguna jg niy.....
    makasih ya infonya....

    ReplyDelete