Wednesday, February 11, 2009

Tahap Ke Empat

1. Setelah karamba sebagai tempat penyimpanan kepiting sudah siap maka selanjutnya adalah mempersiapkan bibit kepiting yang akan dibudidayakan. Ukuran bibit kepiting yang kita pilih tergantung dari kebutuhan dan keinginan kita dengan memperhatikan permintaan pasar. Dalam hal ini bibit yang saya pilih dan saya gunakan adalah bibit kepiting dengan ukuran 80 gram sampai dengan 140 gram tiap ekornya, pemilihan bibit dengan ukuran tersebut memiliki kriteria proses pergantian kulit lebih cepat dibandingkan dengan bibit kepiting yang lebih besar atau diatas 150 gram per ekornya. Pemilihan jenis kelamin tidak terlalu mempengaruhi, jadi bisa bibit kepiting dengan jenis kelamin apa saja.



2. Setelah bibit kepiting siap, proses selanjutnya adalah memotong kedua capit dan ke enam kaki jalan serta memotong satu kaki renangnya(membuat stress), pemotongan satu kaki renang juga bertujuan untuk mempercepat proses ganti kulit atau moulting. Hal ini sudah kami buktikan dengan mangambil contoh bibit yang kedua kaki renangnya tidak di potong dengan bibit yang satu kaki renangnya di potong, proses ganti kulit yang dialami bibit kepiting dengan satu kai renang dapat diperoleh dalam jangka waktu 15 hari sedangkan bibit yang kedua kaki renangnya tidak di potong mengalami proses ganti kulit lebih lama yaitu mencapai waktu 30 - 35 hari. menurut pakar perikanan dan kelautan proses ganti kulitnya kepiting dapat di buat tanpa memotong kakinya, lihat disini yaitu dengan menyuntikan ekstrak bayam.

3. Proses adaptasi terhadap kepiting bisa dilaksanakan maupun tidak menyesuaikan dengan kondisi lingkungan daerah masing - masing. Setelah bibit sudah dipotong kemudian di masukan kedalam karamba yang telah disiapkan sebelumnya. Proses memasukan bibit di anjurkan pada saat hari mulai gelap atau pada saat pagi hari dimana kondisi suhu udara sudah atau mesih sejuk, hal ini membantu agar bibit yang sudah dipotong dan dalam keadaan stres tidak kaget atau tambah stress.



4. Setelah biibt kepiting dimasukan kedalam karamba, selanjutnya kita tinggal menunggu proses ganti kulit pada 15 hari kedepan. Namun tidak menutup kemungkinan 1 - 2 hari setelah memasukan bibit ada beberapa ekor bibit yang langsung mengalami proses ganti kulit tetapi prosentasenya tidak mencapai 5 persen dari bibit yang kita tebar.

5. Pemberian pakan selama menunggu proses ganti kulit sangat diperlukan dengan memberikan pakan berupa potongan ikan kecil yang di berikan setiap 2 hari sekali, hal ini membantu menambah berat kepiting setelah ganti kulit.

No comments:

Post a Comment