Saturday, February 21, 2009

Budidaya Perikanan Dengan Kendalanya

Dalam mengantisipasi merosotnya tangkapan ikan oleh para nelayan di sejumlah daerah akibat persoalan cuaca buruk yang berlangsung lebih lama dan sulit di prediksi oleh para nelayan memaksa mereka untuk lebih bersabar demi menjaga keamanan diri mereka yang juga bergelut dengan kebutuhan hidup yang mau tak mau harus tetap terpenuhi, walaupun kabar gembira yang diberikan pemerintah dengan turunnya harga BBM belum sepenuhnya membuat mereka tersenyum.

Dalam mengatasi permasalahan berikut salah satu upaya yang di ambil adalah dengan melakukan usaha budidaya sebagai pekerjaan sampingan para nelayan apabila kondisi yang tidak memungkinkan bagi mereka untuk melaut dalam jangka waktu lama dan tidak pasti, namun usaha budidaya pun masih terkendala dengan beberapa hal seperti benih, modal, pemasaran.

Untuk benih, sebagian besar benih dengan kualitas unggul masih merupakan benih impor dari luar negeri hal ini disampaikan oleh Direktur Perikanan Budidaya Departemen Kelautan Dan Perikanan namun pihaknya berupaya terus untuk mengembangkan benih - benih ikan dan udang unggulan di balai - balai budidaya perikanan.

Ketergantungan para pembudidaya pada benih produk impor disebabkan induk lokal masih kalah dari induk yang didatangkan dari luar dalam hal kualitas dan kuantitasnya. Selain itu benih yang dibuat oleh pemerinta di balai - balai budidaya belum tersosialisasi kepada mesyarakat seluruhnya.

Dalam hal permodalan juga merupakan salah satu masalah penting, dengan minimnya pendapatan yang diperoleh nelayan dengan penghasilan yang diperoleh hanya cukup untuk menghidupi keperluan sehari - hari mengakibatkan terhambatnya upaya untuk melaksanakan usaha budidaya " jangankan buat modal budidaya, buat makan aja utang sana utang sini "
peran koperasi nelayan sangat vital dalam hal ini.

Selain menghadapi permasalahan tentang benih dam modal nelayan juga menghadapi permasalahan dalam hal pemasaran. Dengan adanya krisis keuangan global yang mengakibatkan permintaan kebutuhan hasil laut dari negara luar mengalami perubahan permintaan baik dari jenis, ukuran maupun harga, hal tersebut harus dicermati dengan baik dengan memberikan masukan kepada para nelayan hendaknya sebelum melakukan kegiatan budidaya agar dikemudian hari tidak mengalami kerugian

2 comments:

  1. tapi kalo masalah kebutuhan pokok mungkin semakin berhasil tangakpan atau budidaya pasar juga merespon positip

    ReplyDelete
  2. Selamat malam pak carly,

    Saya tertarik dengan info mengenai budidaya kepiting soka. Saya yohanes, lokasi di sidoarjo jawa timur. Pak carly apa bisa share mengenai teknik budidaya kepiting soka seperti peralatan yang dibutuhkan, ukuran kepiting, teknik mutilasi dll.
    terima kasih bantuannya. e mail saya yyoelianto@yahoo.com

    ReplyDelete